Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Gresik-Bawean Buka Lagi

Gresik-Bawean Buka Lagi

Posted by Media Bawean on Selasa, 22 Juni 2010

Media Bawean, 22 Juni 2010

Sumber : Surabaya Post

GRESIK - Setelah ditutup selama tiga hari, tranportasi dari Gresik menuju Pulau Bawean dibuka lagi, Selasa (22/6) pagi tadi. Administratur Pelabuhan (Adpel) Gresik berani memberangkatkan Kapal Motor (KM) Dharma Kartika meskipun kondisi cuaca tidak berubah, karena kapal itu berbahan tembaga yang dipastikan mampu menerobos gelombang setinggi tiga meter.

Sedangkan KM Express Bahari yang berbahan fiberglas belum diberangkatkan karena rawan jika menerjang gelombang tinggi yang mencapai 2 hingga 3 meter. “Meskipun membutuhkan waktu lebih lama untuk menyeberang ke Bawean, Dharma Kartika akan mempu menempuh jalur dengan ombak setinggi 3 meter," kata Agung Sulianto, Kepala Seksi Penjagaan dan Penyelamatan Adpel Gresik, Selasa (22/6) pagi tadi.

Untuk menempuh Pulau Bawean yang berjarak sekitar 81 mil dari Pelabuhan Gresik itu, KM Dharma Kartika membutuhkan waktu minimal 6 jam, sedangkan kapal cepat KM Express bahari hanya 3 jam. KM Dharma Kartika berangkat Selasa (22/6) ke Bawean dengan membawa penumpang sekitar 200 orang dengan kapasitas barang 50 ton.

Sementara itu, Adpel belum bisa memastikan kapan larangan berlayar KM Express Bahari dicabut. "Kami belum bisa memastikan kapan Express Bahari akan diizinkan berlayar kembali, karena kondisi cuaca saat ini belum berubah. Berdasarkan data BMKG Tanjung Perak, ketinggian gelombang saat ini masih tinggi, berkisar antara 1,3 meter hingga 3 meter," jelas Agung.

sep

SHARE :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean