Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Tarif Kirim Motor
Ke Bawean Diprotes

Tarif Kirim Motor
Ke Bawean Diprotes

Posted by Media Bawean on Selasa, 07 September 2010

Media Bawean, 7 September 2010

Sumber : SINDO


GRESIK (SINDO) - Pengurus Pemuda Bawean Gresik (PBG) memprotes manajemen PT Dharma Lautan Utama (DLU) selaku pemilik KMP Dharma Kartika yang memberlakukan tarif pengiriman motor lebih mahal dibandingkan tiket penumpang.

Aksi protes itu dilakukan pengurus PBG,dipimpin Ketua PBG Raden Zakariyah. Raden Zakariyah dan beberapa pengurus kemarin menemui manajemen KMP Dharma Kartika yang hendak berangkat ke Bawean. Selain ditemui manajemen PT DLU,juga ditemui perwakilan Dinas Perhubungan dan Kapolsek KP3 Gresik AKP Suhariyani. Pengakuan Zakariyah,aksi protes dilakukan karena warga keberatan dengan tarif barang yang lebih malah dibandingkan tarif penumpang.

Setelah melakukan kajian atas biaya yang ditetapkan manajemen KMP Dahrama Kartika, ternyata cukup memberatkan pengguna jasa. ”Contohnya, tarif pengiriman satu unit sepeda motor ditetapkan Rp150.000.Padahal harga tiket penumpang Rp116.000. Ini kan aneh,”katanya. Dijelaskan, ketentuan yang ditetapkan pihak kapal selama bertahun- tahun tidak jelas. Apakah penentuan tarif tersebut berdasarkan pada jauhnya jarak tempuh atau berat barang yang diangkut, selama ini tidak ada ada penjelasan.

Menurutnya,seharusnya hal itu disesuaikan dengan standarnya. Pimpinan PT Dharma Lautan Utama (DLU),Sofyan kepada wartawan mengatakan, standarisasi tarif antara barang dengan penumpang sudah sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan manajemen. Kendati begitu, untuk barang-barang yang tidak diatur dalam ketentuan tersebut, berlaku sistem nego dengan batas-batasan tertentu.

Diakuinya, tarif angkut motor lebih mahal daripada tarif penumpang. Berdasarkan ketentuan manajemen KMP Dharma Kartika, untuk lintasan Gresik-Bawean sepanjang 81 mil yang disesuaikan SK Bupati, tarif penumpang ekonomi Rp110.000. Sedangkan tarif sepeda motor sesuai ketetapan perusahaan Rp150.000. ”Bedanya dengan arang-barang lain tidak ada asuransinya,sedangkan motor ada asuransinya,”punglas Sofyan. (ashadi ik)

SHARE :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean