Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Kapal Bawean
Minta Jaminan BBM Aman

Kapal Bawean
Minta Jaminan BBM Aman

Posted by Media Bawean on Jumat, 26 Agustus 2011

Media Bawean, 26 Agustus 2011


Pengusaha kapal penyeberangan Gresik-Bawean meminta instansi terkait menjamin pasokan bahan bakar minyak (BBM) untuk kebutuhan selama lebaran. Harapan itu disampaikan mengingat saat ini jumlah penumpang kapal penyeberangan mulai meningkat.

Selain itu pengusaha kapal juga diminta bersedia melayani dua penyeberangan sekaligus jika nantinya jumlah penumpang terus membanjir.

Tuntutan jaminan ketersediaan BBM muncul karena beberapa waktu lalu pengusaha kapal Gresik-Bawean sempat dibuat bingung karena keterlambatan pengiriman BBM. Di sisi lain Dishub Gresik meminta para pengusaha kapal peneyeberangan agar menyiapkan kapalnya untuk jadwal tambahan penyeberangan khusus jika diperlukan.

Rencananya, jika jumlah penumpang banyak yang tidak tertampung maka kapal yang sudah sampai di Bawean harus bersedia kembali ke Gresik untuk mengangkut ulang penumpang yang belum terangkut.

Marketing Express Bahari, Barata Kurniawan menyatakan pihaknya sebenarnya bersedia menyediakan layanan penyeberangan tambahan. Tapi jika layanan penyediaan BBM tidak menunjang maka upaya itu tentu tidak bisa berjalan. “Sekarang pembelian BBM tidak melalui depot lagi, harus pesan ke Surabaya, dan dari pengalaman prosedur pengajuannya sering berubah-ubah,” ujar Barata.

Ia menambahkan untuk suplai bahan bakar kapal harus dipesan dua hari sebelumnya. “Bagi kami selama BBM aman, dan penumpang memang ada kami siap, karena itu kami minta jaminan, kalau bisa ada surat tertulis, selama in sifatnya hany lisan saja,” tambahnya.

Kadishub Gresik Achmad Nuruddin menyatakan rencana penambahan jadwal penyeberangan bagi dua kapal yang ada sudah diatur sedemikian rupa. Pihak Dishub sudah berkoordinasi dengan Adpel dan Pertamina. “Kami sudah buat jadwalnya sudah kami serahkan pada pemilik kapal, adpel da Pertamina jadi semua sama-sama tahu, tentunya bisa diatur,” ujar Nuruddin.

Sementara itu dari pantauan Surya di pelabuhan penyeberangan Gresik-Bawean Jumat (26/8), jumlah penumpang belum terlihat berjubel. Sesuai jadwal Kapal Tungkal Samudra 01 melayani penyeberangan pukul 09.00 WIB. Hingga menjelang jadwal pemberangkatan kapal terlihat penumpang bisa memasuki kapal dengan tenang. Di kantor pelabuhan petugas keamanan mulai siaga. Diperkirakan peningkatan jumlah penumpang yang drastis akan terjadi pada Sabtu (27/8) dan Minggu (28/8).

Sumber : Surya 

SHARE :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean