Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Arus Balik Bawean ke Gresik Membludak

Arus Balik Bawean ke Gresik Membludak

Posted by Media Bawean on Minggu, 04 September 2011

Media Bawean, 4 September 2011

Sumber : Berita Jatim

Gresik (beritajatim.com) - Arus balik penumpang pada H+5 Lebaran dari Bawean ke Pelabuhan Gresik semakin terasa. Lihat saja, kapal penumpang (KMP) Ekspress Bahari IC yang mengangkut pemudik dari Bawean ke Gresik membludak.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, KMP Ekpress Bahari IC yang berangkat dari Bawean pukul 09.30 WIB semestinya hanya mengangkut 380 penumpang. Ternyata, pada saat arus balik penumpang yang diangkut diperkirakan mencapai 450 penumpang. Akibat, penumpang yang tidak mendapatkan tempat duduk tetap nekat menaiki kapal.

Salah satu penumpang KMP Ekpress Bahari IC, Achmad warga Kecamatan Tambak Bawean menuturkan, dirinya sudah membeli tiket sesuai ketentuan. Namun, saat menaiki kapal ternyata KMP Ekpress Bahari IC sudah penuh sesak.

"Saya terpaksa berdiri hampir 3 jam lebih karena kapal penuh sesak hingga sampai buritan," katanya, Minggu (4/09/2011).

Menanggapi membludak penumpang yang diangkut Ekspress Bahari IC. Staf Administrator Pelabuhan (Adpel) Gresik Sudarsono menuturkan, dirinya tidak tahu menahu kenapa penumpang membludak. Pasalnya, semua ketentuan itu yang mengatur pihak Adpel Bawean.

"Wah kalau soal kenapa penumpang membludak silakan tanya langsung ke atasan. Saya disini cuma bertugas mengatur penumpang yang datang," tuturnya.

Hal senada juga dikemukakan oleh Andri Setiawan staf Dishub Gresik. Menurutnya, pihaknya juga tidak tahu menahu soal ini. Pasalnya, sesuai manifes yang dilaporkan ke instansinya. KMP Ekspress Bahari IC semestinya mengangkut 380 penumpang. Terkait soal kelebihan penumpang, toleransi dari aturan pemerintah hanya boleh melebihi 10 persen dari kapasitas penumpang.

"Persoalan penumpang KMP Ekspress Bahari IC membludak saya juga tidak tahu nanti laporannya kami cek lagi," pungkasnya. [dny/but]

SHARE :

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean