Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Nuansa Lebaran Di Kampung
Penuh Keakraban Bersama

Nuansa Lebaran Di Kampung
Penuh Keakraban Bersama

Posted by Media Bawean on Kamis, 01 September 2011

Media Bawean, 1 September 2011


Hari raya idul fitri, tanggal 1 Syawal 1432 H. dilaksanakan penuh kebahagiaan dan penuh keakraban oleh warga Bawean. Antar sesama warga mengucapkan dan meminta maaf, diiringi salam-salaman.

Diawali pelaksanaan shalat hari raya idul fitri 1432 H. disetiap masjid, selanjutnya mendengarkan khotbah, setelah selesai dilanjutkan saling meminta maaf antar sesama warga.

Sesuai tradisi, banyak dikampung-kampung mengadakan acara selamatan untuk membaca do'a bersama, diantaranya yasinan untuk keselamatan bersama. Dilanjutkan pembacaan tahlilan untuk mendo'kan warga yang sudah meninggal dunia.

Setelah acara selamatan selesai, diadakan pembagian angkatan berkat dengan tukar menukar antar sesama warga. Angkatan berkat sampai di rumah lalu dinikmati makan bersama keluarga.

Terlihat banyak warga saling mengunjungi rumah-rumah untuk meminta maaf atas segala kesalahan dan atau khilafan selama hidupnya. Momen lebaran juga dimanfaatkan oleh anak-anak untuk mendapatakan banyak rejeki, yaitu ketika mendatangi rumah warga seringkali mendapatkan angpao berupa amplop berisi uang. (bst) 

SHARE :

1 comments:

Anonim 1 September 2011 pukul 19.31

angpao itu bahasa mana pak? soalnya didalam kamus bahasa Indonesia kami cari enggak ketemu.

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean