Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Rombongan Kesenian Bawean
Tiba Di Pulau Bawean

Rombongan Kesenian Bawean
Tiba Di Pulau Bawean

Posted by Media Bawean on Rabu, 28 September 2011

Media Bawean, 28 September 2011


Rombongan kesenian Bawean sebanyak 17 orang, hari ini (rabu, 28/9/2011) telah tiba di dermaga Pulau Bawean. Cuk Sugrito sebagai pimpinan rombongan tampak ceria dengan diikuti personel kesenian terlihat senyuman menunjukkan kepuasan atas keberhasilannya ketika tampil di Malaysia, Singapura, Batam dan Tanjungpinang.

Cuk Sugrito mengatakan sangat berkesan atas kunjungannya bersama personel kesenian Bawean ke dua negara tetangga dan ke dua daerah di Kepulauan Riau.

Personel kesenian Bawean berangkat dari Pulau Bawean, tanggal 11 September 2011. Terbang menuju ke Singapura pada tanggal 12 September 2011, dilanjutkan ke Kuala Lumpur Malaysia pada tanggal 13 September 2011. 

Tampil perdana di Gombak, Malaysia pada tanggal 14 September 2011. Selanjutnya tanggal 15 September 2011 menuju Johor Bahru, dan tampil kedua di Ulu Tiram pada tanggal 16 September 2011. Kemudian tanggal 17 September 2011 menuju Singapura dan langsung tampil ketiga di acara Salam Lebaran PBS.

Tanggal 17 September 2011 menuju Batam, tampil ke empat tanggal 18 September 2011 di acara warga Bawean di Batam. Istirahat di Batam sampai tanggal 20 September 2011, setelahnya langsung menuju Kijang Tanjung Pinang.  Tanggal 21 sampai 25 September 2011 berada di Kijang, tampil ke lima hari minggu (25/9/2011). 

Tanggal 25 September 2011 kembali ke Batam, tampil ke enam dalam acara pengajian di Batam malam senin (25/9/2011).  Malam selasa (26/9/2011) menghadiri acara pembetukan Pemuda Bawean Batam. Akhirnya tanggal 27 September 2011 terbang ke Surabaya, dan 28 September 2011 sampai kembali di Pulau Bawean.

Kesan Cuk Sugrito
"Penampilan kesenian Bawean yaitu kerecengan dan madailing mendapat respon luar biasa saat tampil di berbagai daerah, termasuk di Singapura dan Malaysia,"katanya.

"Walaupun hanya tampil 15 menit dalam acara Salam Lebaran PBS 2011 terbatasnya waktu yang diberikan ternyata penampilannya mendapat sambutan luar biasa. Rencananya PBS akan mengundang khusus tahun depan dengan memberikan alokasi waktu semalam penuh untuk kesenian Bawean. Tentunya membawa personel lebih banyak, didukung kesenian lengkap seperti jibul, korcak dan mandailing asli Bawean,"paparnya.

Cuk Sugrito menyatakan bersyukur menerima penghargaan dari PBS berupa anugerah jasawan internasional. "Seandainya hanya berangkat sendirian tanpa personel kesenian dipastikan tidak akan hadir dalam acara, tetapi bersama personel kesenian tentunya membawa kebanggaan besar dapat mengenalkan kesenian Bawean kepada keluarga besarnya di Malaysia, Singapura, termasuk Batam dan Kijang,"ujarnya.

Penampilan di Johor Bahru mendapat sambutan meriah dari warga Bawean di Malaysia, tetapi menurut Cuk Sugrito untuk Kuala Lumpur sepertinya kurang semarak sehubungan Persatuan Bawean Malaysia (PBM) terkesan kurang kompak dan perlu dibenahi agar seperti di Johor, Singapore, Batam dan Kijang.

"Ketika mentas di Batam juga disambut gembira oleh warga Bawean, sehingga harus tampil dua kali disana, termasuk menghadiri pembentukan Pemuda Bawean Batam,"jelasnya.

Menurut Cuk Sugrito yang paling berkesan, saat tampil di Kijang. " Bisa dibayangkan, sampai di pelabuhan Tanjung Pinang langsung disambut oleh Rombongan Bupati dan personel menaiki Bis milik Pemkab sampai di Kijang. Bupati juga menawarkan untuk menginap di hotel, tetapi semua personel memilih menginap di rumah warga Bawean di kampung Pisang Kijang,"terangnya.

Dari kunjungan ke Malaysia, Singapura, Batam dan Kijang, yang terpenting memiliki nilai tinggi ungkap Cuk Sugrito, adalah menjalin silaturrahim bersama keluarga besar Bawean di berbagai daerah termasuk di negara tetangga. "Bila ada umur panjang, Insya Allah siap tampil untuk tahun depan dengan lebih meriah serta didukung kesenian berbagai jenis dari Pulau Bawean,"pungkasnya. (bst)

SHARE :

1 comments:

Anonim 29 September 2011 pukul 12.58

Salut luar biasa buat Pak Cuk dan anggota rombongan. (Rizal di Gresik).

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean