Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Peringatan Sumpah Pemuda
Antisipasi Krisis Nasionalisme Bangsa

Peringatan Sumpah Pemuda
Antisipasi Krisis Nasionalisme Bangsa

Posted by Media Bawean on Minggu, 30 Oktober 2011

Media Bawean, 30 Oktober 2011


Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia; 
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia; 
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia. 

Peringatan Sumpah Pemuda 2011 dilaksanakan hari minggu (30/10/2011), dipusatkan di Alun-Alun kota Sangkapura, dengan mengadakan lomba baca teks Sumpah Pemuda, penampilan drum band, dan band musik Panglima dari Umma.

Peringatan Sumpah Pemuda diikuti TK, MI, SMP, MTs., SMA, MA Umar Mas'ud (Umma), dan SDN Kotakusuma. Diperkirakan keseluruhan peserta berjumlah 400 orang, dengan dihadiri Muspika kecamatan Sangkapura, dan instansi lainnya.

Terpilih siswa SDN Sawahmulya sebagai juara I  lomba baca teks sumpah pemuda, sedangkan juara II dan III terpilih siswa MI Kebuntelukdalam sebagai pemenang.

Edy Faiz sebagai panitia pelaksana dihubungi Media Bawean, mengatakan peringatan sumpah pemuda diselenggarakan oleh lembaga pendidikan, sehubungan tidak adanya yang memperingati di Pulau Bawean.

"Padahal hikmah ataupun nilai memperingati sumpah pemuda termasuk salah satu langkah paling tepat untuk memupuk rasa cinta tanah air, memperkokoh persatuan dan kesatuan, serta menumbuhkan semangat nasionalisme",katanya.

"Bercermin terhadap kejadian dan peristiwa yang terjadi terhadap bangsa kita, sepertinya nasionalisme mulai luntur dan berkurang. Terbukti, seperti kejadian di Papua, termasuk potret buram berkurangnya rasa nasionalisme. Solusi paling tepat, yaitu kembali membakar semangat generasi muda bangsa melalui peringatan Sumpah Pemuda", terangnya.

Harapannya menurut Edy Faiz, "Semoga pemerintah kita proaktif untuk melaksanakan peringatan sumpah pemuda, termasuk memperingati hari bersejarah lainnya, bertujuan menumbuhkan nasionalisme berbangsa dan bernegara", paparnya.

Cuk Sugrito sebagai Kepala SMA Umma merespon dan menyambut baik dilaksanakannya peringatan sumpah pemuda. Dilaksanakan tanggal 30 Oktober 2011, sehubungan menyesuaikan hari libur agar tidak menggangu aktivitas belajar siswa. (bst)


SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean