Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Urgensi Pendidikan Kejuruan
Di Pulau Bawean

Urgensi Pendidikan Kejuruan
Di Pulau Bawean

Posted by Media Bawean on Sabtu, 21 April 2012

Media Bawean, 21 April 2012 

Lomba Menulis Berita & Opini Tahun 2012 Kategori Umum Nama 

Penulis : QAMARUDDIN 
Alamat Asal : Tampo,Desa Pudakit Barat 
No Hp : 081234297361
Alamat Sekarang :
Tlogomaas GG 09 no 26 Kota Malang 
Penulis adalah Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang, Jurusan Fisika(FMIPA)

Masalah kualitas hasil pembelajaran yang terus mengalami penurunan selalu menjadi wacana yang sangat memilu-kan, khususnya untuk pengelola pendidikan. Dan, untuk hal tersebut banyak cara ditempuh sebagai solusi permasalahan. Tetapi, tetap saja semua itu belum dapat menyelesaikan permasalahannya.

Setiap tahun pertambahan angka pengangguran terus meningkat yang disebabkan oleh kenyataan bahwa kualitas diri para lulusan belum dapat mencapai tingkat maksimal. Mereka lulus sekolah dengan kualitas pas-pasan sehingga tidak mampu melanjutkan pendidikan, apalgi jika kondisi ekonomi keluarga sama sekali tidak mendukung keinginan bersekolah lebih lanjut. Jadilah mereka sebagai lulusan yang menganggur, tidak ada pekerjaan sebab tidak ada kemampuan di dalam dirinya.

Pendidikan di Pulau Bawean menurut pengamatan penulis, selama ini hanya banyak berorentasi kepada pendidikan Sekolah Menengah Atas dimana para siswanya diajarkan setumpuk teori dan lebih mengedepankan aspek akademis teoritikalnya padahal di Era modern seperti sekarang ini persaingan dunia kerja semakin ketat, sehingga siswa dituntut bukan hanya pandai dalam teori akan tetapi juga dituntut dalam penguasaan aplikasi teori tersebut di lapangan atau dalam hal ini siswa dituntut mempunyai soft skill dan hard skill yang langsung bisa digunakan dalam dunia kerja.

Menilik dari ulasan di atas sudah saatnya Pulau Bawean memiliki sekolah kejuruan alias SMK dimana dalam sekolah kejuruan siswa tidak hanya disodori oleh teori-teori mana teori tersebut belum bisa diterapkan langsung dilapangan akan tetapi melalui pendidikan kejuruan siswa diberi kemampuan atau skill khusus yang langsung bisa digunakan dalam dunia kerja sesuai program keahliannya yang diambil. Jadi setelah lulus siwa maupun siswi di Pulau Bawean bisa langsung menerapkan ilmu yang didapatnya dan bisa mengambil peluang usaha maupun bekerja disesuai bidang keahlinnya.

Siswa yang bersekolah di kejuruan dipersiapkan sedemikian rupa dengan berbagai keterampilan kejuruan sesuai bidang yang dipelajarinya. Mereka mendapatkan pembelajaran teknik di bengkel sekolah dengan melakukan secara langsung kegiatan-kegiatan keterampilan. Dengan bekal inilah, maka siswa yang sudah lulus dapat menerapkan keterampilannya dan tidak perlu mencari pekerjaan sebab pekerjaan itu sebenarnya sudah ada di dalam dirinya. Dengan demikian, maka secara esensial kita dapat mengatakan bahwa pem-belajaran di sekolah kejuruan memungkinkan untuk terlaksananya pem-bekalan keterampilan pada para siswa di Pulau Bawean. Keterampilan inilah yang merupakan perbedaan utama antara sekolah kejuruan dengan sekolah umum.

Esensi dari pendidikan kejuruan yaitu menyiapkan siswa terampil yang siap pakai sedangkan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) menyiapkan siswanya untuk siap ke pendidikan selanjutnya yaitu pendidikan di Perguruan Tinggi sehingga tidak heran kurikulum di SMA lebih ke aspek teori akademik.

Keuntungan jika sekolah kejuruan didirikan di Pulau Bawean yaitu:
1. Para siswa Bawean akan mempunyai keahlian yag langsung siap pakai sehingga setelah lulus bisa langsung terjun ke dunia kerja jika memang tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.
2. SDM di Pulau Bawean akan lebik kreatif dan inovatif
3. Siswa akan lebih bisa melihat peluang usaha yang bisa dikembangkan di Pulau Bawean
4. Siswa akan lebih Mandiri
5. Lulusan SMK bisa bersaing tidak hanya di Pulau Bawean, tetapi bisa bersaing juga di Jawa maupun di wilayah lain sehingga lulusannya tidak hanya bisa bekerja di Pulau Bawean.

Dari Paparan diatas dapat ditarik perbandingan mengenai kualifikasi lulusan SMK dengan lulusan SMA.Tentu bisa dilihat dari fakta mengenai apa yanag bisa diperbuat seoarang yang lulus SMA.Tidak banyak bukan???

Jika boleh merekomendasiakan beberapa bidang keahlian yang sangat dibutuhkan di Pualu Bawean yaitu: bidang informatika, perbengkelan (otomotif), salon kecantikan, fotografer, teknik kelistrikan atau disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja.

Saran
Buat para pemerhati Pulau Bawean tulisan ini bisa dipertimbangkan untuk ditindak lanjuti baik dari pemerintah bawean sendiri maupun ke Pemkab atau DINDIK Gresik. Jika hal ini bisa membuat Pulau Bawean maju kenapa tidak ??? Buat para siswa Bawean yang memerlukan info sekitar perguruan tinggi di Malang bisa menghubungi no hp diatas atau alamat email di (qamaruddin86@yahoo.co.id)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean