Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Pulau Bawean,
Mutiara yang Tersembunyi di Laut Jawa

Pulau Bawean,
Mutiara yang Tersembunyi di Laut Jawa

Posted by Media Bawean on Rabu, 16 Mei 2012

Media Bawean, 16 Mei 2012 


 Pulau Bawean, Jawa Timur menjelma seperti mutiara yang tersembunyi di Laut Jawa. Kealamian pantai, taman laut yang terjaga, serta keramahan masyarakatnya, menjadikan Bawean tempat yang pas menyegarkan pikiran.

Berada sekitar 80 mil di Laut Utara Gresik, Jawa Timur, pulau ini menyimpan segudang keindahan yang luar biasa. Bawean merupakan pulau yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Gresik.

Untuk sampai di sana, saya menggunakan Kapal Cepat Ekspress Bahari 1C yang beroperasi pada jadwal tertentu. Butuh waktu 3 jam untuk sampai di Bawean. Perlu Anda ketahui bulan-bulan yang baik untuk berlayar ke Bawean adalah di luar bulan Desember-Februari karena ombak tidak tinggi dan angin relatif aman.

Merapat di Bawean kita dapat melihat langit dan laut yang sangat cantik langsung tersuguh di depan mata. Untuk urusan akomodasi, meski Bawean pulau kecil, penginapan yang tersedia di pulau ini harganya sangat bersahabat. Ya, cukuplah buat kantung backpacker.

Saat sore hari, kita bisa menuju Pantai Selayar. Pantai pasir putih yang terbentang luas dengan latar belakang matahari terbenam menjadi lukisan alam yang sangat eksotis. Kalau air surut, kita juga bisa, lho menyeberang ke gili (pulau) yang berada di sebelah Bawean.

Selain melakukan tracking, berlayar menggunakan perahu sewaan menuju pulau-pulau yang ada di sekitar Bawean bisa menjadi rangkaian acara yang menyenangkan. Pulau Noko Barat adalah salah satu pulau kecil yang berada di sekitar Bawean. Sebuah pulau kecil dengan pasir putih dan ombak yang tenang dan asyik untuk berenang.

Perjalanan setengah jam dari Bawean pun tidak terasa karena beberapa titik permukaan laut yang bening, terlihat dasaran laut dengan terumbu karangnya yang masih sangat terjaga.

Menurut informasi yang saya dapatkan, ada beberapa spot yang bagus untuk snorkeling. Akan tetapi, sayangnya sarana dan prasarana belum mendukung.

Ternyata, wisata di Bawean tidak hanya laut dan pantainya saja. Masih ada Danau Kastoba yang konon terletak tepat di tengah-tengah 99 bukit yang ada di Pulau Bawean. Serunya lagi, di sana juga ada penangkaran rusa Bawean. Wah!

Ya, memang Bawean mungkin belum setenar pulau-pulau lain yang menjadi tujuan snorkeling maupun diving wisatawan. Tapi, keindahannya tak kalah dibandingkan pulau-pulau resort yang sudah lebih dulu terkenal di dunia pariwisata. Apalagi, keramahan penduduk Bawean seakan mampu membuat pelancongnya selalu ingin kembali untuk menjejakkan kaki di pulau kecil yang bersembunyi Laut Jawa ini.
Sumber :http://travel.detik.com/ 

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean