Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Peduli Kesehatan Ibu dan Anak
KPPI Gresik Ajukan PERDA Khusus

Peduli Kesehatan Ibu dan Anak
KPPI Gresik Ajukan PERDA Khusus

Posted by Media Bawean on Rabu, 23 Januari 2013

Media Bawean, 23 Januari 2013


Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kabupaten Gresik semakin gigih berjuang dan berperan aktif dalam mengangkat serta memperjuangkan persoalan yang dihadapi melalui jalur birokrasi. Diantaranya telah melakukan hearing bersama Komisi D DPRD Kabupaten Gresik (selasa, 15/1/2013), bertempat di Gedung DPRD Gresik.

Hadir Chumaidi Maun sebagai Ketua Komisi D, didampingi Wakilnya Siti Muafiyah yang merangkap sebagai Ketua KPPI Kabupaten Gresik, serta Lilik Hidayati dari Fraksi PKNU. 

Hearing ini dipimping langsung oleh Ir. Hj. Siti Muafiyah (Anggota DPRD dari Fraksi PDI P Gresik) sebagai Ketua KPPI Kabupaten Gresik dan LSM Perempuan serta didampingi oleh Erma Susanti dari SA-KPPD Surabaya.  

Dalam pertemuan KPPI Gresik mengajukan 3 judul Peraturan Daerah (PERDA) untuk masuk dan dibahas pada prolegda 2013, yaitu 1. Perlindungan Pekerja Perempuan 2. Pengelenggaraan Kesehatan 3. Perlindungan Anak. Setelah diajukan, ternyata prolegda sudah jadi, dan ada 2 judul sudah masuk tentang kesehatan dan anak. 

Chumaidi Maun dihadapan aktivis KPPI Gresik mengharap masukan tentang perda khususnya untuk kesehatan dari kaum ibu, dengan alasan terkait kesehatan sangat mendesak. 

Persoalan mencuat terkait layanan kesehatan agar tidak terjadi diskriminatif, penyediaan tenaga ahli untuk dokter yang menangani ibu dan anak agar tidak terjadi kematian dengan tenaga medis yang difasilitasi mengingat berada di wilayah pulau, seperti Pulau Bawean. 

Selainnya juga persoalan kurangnya informasi, sarana dan prasarana terkait Kesehatan Reproduksi serta kesehatan ibu dan anak sampai dilevel desa. Harapannya, semuanya tersedia sehingga para ibu bisa menjangkau dengan mudah dan gratis. 

Perlu diketahui, KPPI Kabupaten Gresik menyuarakan pentingnya kesehatan ibu dan anak sudah seringkali diselenggarakan, diantaranya dalam rangka memperingati Hari Ibu telah melakukan aksi bersama Komunitas Anak Gresik (KAG) dan LSM-LSM di Kabupaten Gresik seperti PATTIRO Gresik, DPC. Harpi Melati, KPG, APPA, MGPK, FK-PSM, P2TP2A Gresik dari KPPI Gresik. (sri)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean