Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Buah Mentega asal Desa Daun
Juara III Kontes Buah Se- Jawa Timur

Buah Mentega asal Desa Daun
Juara III Kontes Buah Se- Jawa Timur

Posted by Media Bawean on Senin, 27 Mei 2013

Media Bawean, 27 Mei 2013 


Pulau Bawean kaya dengan buah-buahan, diantaranya buah mentega asal Desa Daun, kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik ditetapkan sebagai juara III dalam Kontes Buah Gebyar GAB Hortikultura se- Provinsi Jawa Timur.

Sambari Halim Radianto sebagai Bupati Gresik dalam acara Sambung Rasa, menyatakan buah mentega sudah berhasil menjuarai kontes buah se- Jawa Timur, sebagai juara III. "Dinas Pertanian Gresik segera melakukan pendataan pohon mentega se- Pulau Bawean, selanjutnya diberi bantuan dana untuk perawatannya,"katanya.

Buah mentega ditetapkan  sebagai buah lokal terbaik ke III dalam festival komoditas unggulan buah lokal se-Jawa Timur tahun 2013. Atas prestasi yang diraihnya, desa Daun menerima hadiah sebesar Rp. 1 juta.

Abd. Aziz sebagai Kepala Desa Daun, mengatakan buah mentega sama dengan buah merah, tapi buahnya putih dan rasa mentega. 

Menurutnya, se- desa Daun hanya ada 2 pohon mentega. "Terdahulunya jumlahnya sangat banyak, sehubungan buahnya tidak memiliki harga sehingga warga memilih ditebang,"paparnya.

"Kedepan tentunya pohon yang ada akan dirawat dengan baik, lalu akan melakukan gerakan penanaman pohon mentega di desa Daun,"ujarnya.

Informasi sesuai data dari Dinas Pertanian, jumlahnya buah mentega sebanyak 15 pohon se- Pulau Bawean. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean