Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Buah Seribu Rasa dari Pulau Bawean
Makan Apapun Rasanya Manis

Buah Seribu Rasa dari Pulau Bawean
Makan Apapun Rasanya Manis

Posted by Media Bawean on Selasa, 28 Mei 2013

Media Bawean, 28 Mei 2013


Warga Desa Daun, kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik dihebohkan penemuan buah seribu rasa. Buah setelah dimakan, lalu makan apapun akan terasa manis selama berjam-jam lamanya.

Wal hasil, sebelumnya buah seribu rasa tidak memiliki nilai jual dipasaran, langsung dicari banyak peminatnya dengan harga jual perpohon antara Rp. 300 ribu sampai Rp. 500 ribu.

Abd. Aziz sebagai Kepala Desa Daun, mengatakan bahwa buah seribu rasa sebelumnya diberi nama SEMPOL. "Untuk menaikkan nilainya serta menyesuaikan buah setelah dirasakannya, lalu diberi nama buah seribu rasa,"katanya.

"Dijamin setelah mengkonsumsi buah seribu rasa, makan apapun akan terasa manis, termasuk makan garam juga terasa manis tidak asin,"paparnya.

Awal ditemukannya buah seribu rasa, menurut Kades Daun, setelah diperintah oleh salah satu tokoh di Pulau Bawean untuk mencari buah yang bisa merubah rasa dari pahit menjadi manis.

Syahidan Fuad sebagai sekretaris Gapoktan desa Daun menyatakan pencarian buah seribu rasa melalui medan yang sulit, yaitu mencari masuk ke hutan rimba. "Itupun memerlukan waktu lama untuk menemukannya,"ujarnya.

"Sangatlah wajar bila harganya naik drastis, sehubungan warga yang mencarinya membutuhkan waktu melalui medan yang penuh tantangan,"jelasnya.

Naik harga buah seribu rasa, membuat banyak warga melakukan pencarian ke dalam hutan. Hasilnya lalu di jual kepada warga setempat yang mengumpulkan untuk dijual kepada peminatnya dari berbagai daerah di Pulau Bawean. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean