Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Pesona Obyek Wisata Pulau Bawean
Sumber Air Panas Gratis

Pesona Obyek Wisata Pulau Bawean
Sumber Air Panas Gratis

Posted by Media Bawean on Kamis, 19 September 2013

Media Bawean, 19 September 2013

Pulau Bawean memiliki ragam kekayaan alam. Salah satunya pemandian air panas. Selain tempat wisata pemandian ini juga berfungsi sebagai sarana terapi kesehatan.

BERWISATA identik dengan biaya yang besar. Namun tidak berlaku bila melakukan wisata ke PulaBawean. Sebab, di pulau yang terletak 120 km dari Gresik daratan ini, terdapat banyak tempat wisata murah meriah, bahkan gratis.

Salah satu tempat wisata itu adalah pemandian air panas yang terletak di Dusun Kebun Daya, Desa Sawah Mulya, Kecamatan Sangkapura. Di pemandian air panas yang bersumber dari mata air alami ini, para wisatawan bisa berendam air panas dengan gratis.

Selain gratis, pemandangan di sekitar sumber air panas tersebut juga cukup indah. Sebab, sumber mata air tersebut berada di antara deretan bebukitan, serta persawahan. Setidaknya, terdapat 4 titik sumber air panas di lokasi berbeda, yang masih berada di dalam wilayah Desa Sukamulya, Kecamatan Sangkapura.

Sebenarnya, pemandian air panas tersebut tidak terlalu luas. Sebab, kolam tersebut hanya muat untuk 3 orang.

Iwan Kurniawan (34) salah seorang warga setempat mengatakan, kolam air panas itu berukuran kecil karena warga memang hanya membangunnya seadanya. Menurutnya, bagian yang ditambahkan oleh warga itu hanya berupa dinding pembatas, serta lantai yang terbuat dari semen. “Yang penting, saat mandi tidak terlalu kelihatan dari luar,”terangnya.

Sejak awal, warga setempat memang tidak berniat menjadikan sumber air panas itu sebagai pemandian umum, terlebih sebagai tempat wisata. “Kami inginnya ya cuma untuk mandi warga sekitar Desa Sawah Mulya saja,”jelas Iwan.

Kendati demikian, Iwan menambahkan, warga tidak melarang bagi siapapun untuk mandi di sumber air panas tersebut. “Tidak terkecuali untuk para wisatawan, monggo kalau mau mampir, dan dijamin gratis,”tuturnya sambil tersenyum.

Hal senada juga disampaikan oleh Hamid (22). Selama ini, pemandian air panas di tempat itu sudah sering dikunjungi oleh para wisatawan dari luar Bawean.

Para wisatawan tersebut tertarik selain karena gratis, juga dikarenakan manfaat yang terkandung dalam pemandian air panas itu. “Kalau mandi di sini katanya penyakit semacam linu, rematik itu bisa berkurang atau hilang,”jelasnya.(*/rtn/ris)

Sumber : Radar Gresik

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean