Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Kapal Express Bahari 1C
Gelar Simulasi di Laut Pulau Bawean

Kapal Express Bahari 1C
Gelar Simulasi di Laut Pulau Bawean

Posted by Media Bawean on Minggu, 01 Desember 2013

Media Bawean, 1 Desember 2013


Keselamatan dalam pelayaran mutlak paling utama dalam melayani transportasi laut. Untuk 
meningkatkan kemampuan dalam penyelamatan, ABK Kapal Express Bahari 1C menggelar simulasi di perairan laut Pulau Bawean (jum'at, 29/11/2013).

Simulasi keselamatan diawali kapal berlayar menuju tengah laut di Perairan Pulau Bawean, sampai di titik latihan, Kapten Yosis Pinansada langsung mengatakan latihan keselamatan dimulai.

Spontan langsung ada penumpang yang jatuh ke laut, mengetahui ada orang jatuh ke laut, ABK langsung mengambil peralatan  untuk segera melakukan pertolongan dan langsung terjun ke laut. 

Setelah berhasil menyelamatkan orang jatuh ke laut, selanjutnya ABK diatas kapal langsung memberikan pertolongan untuk kesehatan orang yang ditolong.

Dalam simulasi keselamatan juga digelar latihan menurunkan sekoci, latihan menolong korban dengan menggunakan baju tahan api, dan latihan menggunakan alat pemadam kebakaran portabel.

Kapten Kapal Express Bahari 1C, Yosis Pinansada ditemui Media Bawean (sabtu, 30/11/2013) mengatakan simulasi keselamatan merupakan kegiatan rutin setiap bulan, yang diikuti seluruh ABK Kapal Express Bahari 1C.

Tujuan latihan menurut Yosis, diantaranya menguji kemampuan dalam mengatasi segala persoalan di laut, khusus keselamatan menjadi kunci utama dalam pelayaran.

"Simulasi bukan rekayasa ataupun sekedar persyaratan, tapi praktek langsung untuk menguji kemampuan seluruh ABK,"paparnya.

Moh. Yasin selaku petugas Syahbandar Bawean merespon diadakannya simulasi keselamatan di laut merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan setiap bulan. "Simulasi oleh kapal Express Bahari 1C sudah bagus dan seluruh ABK sudah terlatih dalam melakukan keselamatan dalam pelayaran,"ujarnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean