Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » "UN" Penyebab Kenakalan Remaja

"UN" Penyebab Kenakalan Remaja

Posted by Media Bawean on Senin, 24 Februari 2014

Media Bawean, 24 Februari 2014 

Kenakalan remaja seringkali terjadi dimana-mana, diantaranya tawuran, pesta minuman keras dan lain-lain. Apa penyebabnya?

KH. Abd. Latif, Ketua PGRI kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik, mengatakan penyebabnya adalah sistem Ujian Nasional (UN) tidak mendidik siswa untuk berakhlaqul karimah, melainkan muatannya lebih didominasi rumus-rumus menjawab soal ujian.

"Perlu adanya koreksi atau evaluasi kurikulum di sekolah, tujuannya agar moral generasi penerus bangsa bisa terselamatnya,"katanya.

"Jika tetap dilanjutkan ataupun tanpa ada pembenahan terhadap kurikulum di sekolah, dampaknya sekarang sudah terbaca dengan maraknya kenakalan remaja. Ironisnya masa depan bangsa akan dikendalikan oleh generasi yang kurang berakhlaq,"ujarnya.

Menurutnya, pendidikan di sekolah lebih menekannya kepada persiapan menghadapi ujian nasional daripada mendidik siswa agar berperilaku yang baik. "Lihatlah, banyak siswa di sekolah yang berani melawan guru, termasuk di rumah sudah berani kepada orang tuanya. Itulah contoh hasil produk pendidikan masa sekarang,"ungkapnya.

"Kurikulum  di sekolah lebih menitikberatkan pada mata pelajaran eksak, daripada menanamkan nilai-nilai moral dan ilmu agama,"paparnya.

"Terkadang waktu mengaji Al Qur'an digantikan dengan mengikuti les belajar untuk menghadapi ujian nasional. Ilmu agama sudah dipinggirkan, sedangkan prioritas utama belajar mata pelajaran ujian nasional,"terangnya.

Menurut Ketua MUI kecamatan Sangkapura, wajar jika generasi penerus bangsa tidak memperhatikan ilmu agama, sehubungan muatan ujian nasional lebih berbobot menghafal rumus untuk menjawab soal ujian nasional.

"Perlu dirubah kurikulum di sekolah, agar guru di sekolah tidak sekedar mengajar tapi mendidik siswa agar berakhlaqul karimah,"pungkasnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean