Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Gagal Berlayar ke Pulau Bawean
Natuna Express Belum Bersertifikat

Gagal Berlayar ke Pulau Bawean
Natuna Express Belum Bersertifikat

Posted by Media Bawean on Kamis, 10 Juli 2014

Media Bawean, 10 Juli 2014


Pelayaran uji coba KM Natuna Ekspress (NE) 12 Juli mendatang dipastikan gagal dilaksanakan. Penyebabnya, hingga kapal yang didatangkan dari Pontianak ini, belum mengantongi sertifikat pelayaran dari sejumlah instansi.

Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto kepada wartawan membenarkan, jika kapal milik BUMD PT Gresik Samudera ini gagal uji coba. Itu disebabkan, masih ada beberapa persyaratan yang belum bisa dipenuhi oleh manajemen PT Gresik Samudera.

“Untuk sementara ini, kapal tidak dapat dioperasikan dulu. Kalau persyaratan belum lengkap, itu artinya kapal tidak mendapat surat izin berlayar dari KSOP,” kata Bupati Sambari.

Sambari menuturkan, batalnya uji coba kapal NE, membuat kegiatan Safari Ramadan jajaranya ke Bawean, dialihkan. Jadwal Safari Ramadan juga dimajukan Jumat, dengan menumpang KM Gili Iyang. “Saya belum bisa menargetkan kapan bisa dioperasikan, yang jelas kami berusaha secepatnya,”tandasnya.

Kasie Kepelabuhanan Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik, Nanang Afandi mengakui, hingga kini PT Gresik Samudera belum menyerahkan kelengkapan izin dan sertifikat kapal.

“Yang jelas, belum satupun berkas masuk kepada kami,”ujarnya, kemarin.

Disebutkan, ada sejumlah dokumen yang harus dilengkapi oleh PT Gresik Samudera agar dapat mengoperasikan KM Natuna. Di antaranya surat ukur kapal, sertifikat Badan Klarifikasi Indonesia (BKI) untuk lambung mesin, hingga sertifikat terkait kelengkapan kapal.

“Selain itu, PT Gresik Samudera juga harus mengurus keagenan kapal. Nantinya, keagenan itu akan mengurus segala keperluan kapal,”terangnya.

Dikatakan, sebelum semua persyaratan itu dipenuhi, lanjutnya. Pihak KSOP tidak akan menerbitkan surat izin berlayar untuk KM Natuna Ekspress.(fir/c4/ris)

Sumber : Radar Gresik

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean