Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Potensi Ikan Bawean Belum Tergarap

Potensi Ikan Bawean Belum Tergarap

Posted by Media Bawean on Jumat, 21 Agustus 2015

Media Bawean, 21 Agustus 2015



Pulau Bawean merupakan surga bagi ekosistem laut. Namun sayang, kekayaan laut yang dimiliki Bawean belum digarap dengan maksimal. Selama ini, potensi hasil laut lebih banyak dikonsumsi warga sendiri daripada dijual ke luar daerah. Setiap hari warga Pulau Bawean menikmati ikan segar hasil tangkapan nelayan pergi melaut.

Muhammad Sawi, 45, salah satu penjual olahan ikan mengatakan selama ini hasil laut Bawean belum digarap dengan maksimal. Sehingga, salah satu upaya yang ia lakukan adalah dengan membuka warung makan yang menyediakan ikan segar. “Padahal, sebenarnya hasil ikan di Bawean cukup besar,” ujarnya, kemarin.

Dikatakan, pada awalnya dirinya membuka warung makan ini hanya karena kasihan terhadap para wisatawan yang kesulitan mencari warung makan yang menyediakan olahan ikan segar. “Sehingga, saya bersama istri mencoba buka warung dan hasilnya cukup lumayan, banyak wisatawan yang makan di sini,” terang dia.

Ia menambahkan, setiap harinya bisa laku 5 sampai 10 ekor ikan, bila ada tamu berkunjung tentunya lebih banyak yang laku. Soal harga, disesuiakan situasi dan kondisi hasil tangkapan ikan nelayan melaut.

“Bila ikan murah tentunya menjual murah, 1 ekor ikan segar dijual Rp 30 ribu. Saat harga mahal seperti sekarang ketika nelayan kesulitan mendapatkan ikan, harganya naik sampai Rp 50 ribu,”terangnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean