Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Ulama Sepakat Harun Tohir Jadi Nama Lapter Bawean

Ulama Sepakat Harun Tohir Jadi Nama Lapter Bawean

Posted by Media Bawean on Jumat, 21 Agustus 2015

Media Bawean, 21 Agustus 2015

Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik untuk memberikan nama Harun Tohir pada Lapangan Terbang (Lapter) di Bawean mendapat tanggapan positif dari kalangan ulama setempat.

Tokoh di Pulau Bawean merestui bandara udara diberi nama Harun Thohir, yaitu pahlawan nasional asli Pulau Bawean. Kyai Zubaidi, Rois Syuriah PCNU Bawean, menyatakan setuju lapter di Pulau Bawean diberi nama Harun Thohir. Alasannya menurut kiai yang memiliki kharismatik tinggi di Pulau Bawean, Harun Thohir adalah pahlawan nasional yang memperjuangkan NKRI sampai akhirnya dihukum gantung di Singapura. “Harun Tohir merupakan Pahlawan asli Bawean,” ujarnya, kemarin.

senada juga disampaikan KH Abdul Latif, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Sangkapura. Bahkan, pihaknya sudah sering menyampaikan kepada bupati dan wakil bupati agar nama Bandara sesuai dengan nama pahlawan asli pulau rusa tersebut. “Sudah sering kali disampaikan kepada Bupati dan Wakil Bupati Gresik agar nama bandara di Pulau Bawean dinamakan Harun Thohir,” katanya.

Menurut dia, nama pahlawan nasional asal Pulau Bawean perlu diabadikan agar dikenal banyak orang, khususnya warga Pulau Bawean. “Selama ini banyak warga Pulau Bawean sendiri kurang mengetahui bila di daerahnya telah melahirkan pahlawan nasional,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Hasan Jufri (STAIHA) Bawean Baharuddin mengatakan sangat setuju bandara di Pulau Bawean diberi nama Harun Thohir. “Jasa perjuangan Harun Thohir sebagai pahlawan nasional sudah luar biasa,” paparnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean