Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Desa Gunungteguh Kembangkan Program KRPL

Desa Gunungteguh Kembangkan Program KRPL

Posted by Media Bawean on Kamis, 03 September 2015

Media Bawean, 3 September 2015



Warga Dusun Teguh, Desa Gunungteguh, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik memiliki cara sendiri untuk mengantisipasi melonjaknya harga sayur mayor dipasaran. Yakni, dengan mengembangkan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Program yang sudah berjalan selama satu tahun ini, kini membuahkan hasil.

“Untuk kebutuhan masak sehari-hari sudah mencukupi, tidak respot pergi ke pasar. Termasuk mahalnya harga sayuran ataupun rempah-rempah tidak ada pengaruhnya, karena sudah tersedia semuanya,” katanya Sumiyati, 50, warga Dusun Teguh, kemarin.

Dikatakan, banyak warga dari luar desa yang berdatangan meminta membeli sayuran yang ada di depan rumahnya. “Lumayan tanaman yang dijual bisa dibuat belanja anak sekolah,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Salihen. Dirinya sudah hampir setahun lamanya menanam sayuran di dalam polybag. Ini dilakukan agar kebutuhan makan bersama keluarga tidak repot membeli. “Seperti sayuran sawi, bayam, kubis, bawang dan lain-lain sudah tertanam di depan rumah,” kata dia.(bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean