Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Pantai Labuhan Jadi Destinasi Utama Turis Asing

Pantai Labuhan Jadi Destinasi Utama Turis Asing

Posted by Media Bawean on Senin, 28 September 2015

Media Bawean, 28 September 2015



Rencana operasional Lapangan Terbang Harun Tohir Bawean menjadi pintu gerbang utama datangnya kunjungan wisatawan. Di sekitar lapter di desa Tanjungori, kecamatan Tambak, Pantai Labuhan bakal menjadi destinasi utama wisatawan datang ke Pulau Bawean.

Hampir setiap hari ada turis asing berdatangan dengan naik kapal yang berlabuh di Pantai Labuhan. Seperti yang terjadi minggu kemarin, ada 5 kapal asing berlabuh di pantai Labuhan.

Menurut Jumali, kepala desa Tanjungori, sudah lama pantai Labuhan disukai wisatawan asing.

Mereka datanng dengan naik kapal, tujuannya berwisata di pantai ataupun melihat keindahan Pulau Bawean.

"Hampir setiap bulan selalu ada wisatawan asing dengan naik kapal yang berlabuh di pantai Labuhan. Jumlahnya bisa mencapai puluhan kapal setiap bulannya,"ujarnya.

Hilal, petugas Syahbandar Bawean membenarkan adanya wisatawan asing yang berkunjung ke Pantai Labuhan. Menurutnya kapal asing yang berlabuh tujuannya ke Pulau Bali ataupun ke Pulau Batam. "Adakalanya berlindung dari gelombang tinggi, ataupun mengisi bahan bakar, termasuk mencukupi perbekalan di kapal,"terangnya.

Untuk dokumentasi sebagai wisatawan setelah dilakukan pemeriksaan, mereka membawa surat-surat lengkap.

Abdul Karim, pedagang di Pantai Labuhan mengaku senang bila ada wisatawan asing yang datang naik kapal. "Turis biasanya turun ke darat untuk membeli perbekalan. Senang dagangan laris manis,"ungkapnya.

Imron Rosyadi, Kepala UPT Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gresik di Bawean menyatakan selama ini wisatawan asing yang berkunjung melalui kapal laut di Pantai Labuhan tidak pernah melapor ke kantor. "Sehingga kesulitan untuk melakukan pendataan atas kunjungan wisatawan di pantai Labuhan,"paparnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean