Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Terpaksa Belajar Dengan Lampu Teplok

Terpaksa Belajar Dengan Lampu Teplok

Posted by Media Bawean on Jumat, 30 Oktober 2015


Warga Dusun Sungaiterus Laok, Desa Balikterus Kecamatan Sangkapura menuntut janji Pemkab Gresik untuk mengaliri listrik wilayah mereka. Sebab, sampai saat ini warga hanya bisa menggunakan aliran listrik empat jam dalam sehari. Karuan, kondisi ini membuat para siswa kesulitan untuk belajar dan hanya memanfaatkan lampu teplok.

“Kami sudah menunggu puluhan tahun sampai sekarang belum ada perhatian untuk penerangan listrik di kampung. Padahal waktu malam hari, hidup di kampung gelap gulita,” kata Matrusi Kasun Sungaiterus Laok.

Menurut dia, sebenarnya ada listrik kampung yang menyala hanya 4 jam, mulai pukul 18.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB. Di atas jam 10 malam, kondisi di kampung sudah gelap gulita. “Tetapi listrik tersebut sangat mahal, untuk biaya listriknya saja Rp 15 ribu perbulan dan televisi dikenakan biaya sendiri Rp 28 ribu sebulan,” ungkap dia.

Dikatakan, tidak adanya aliran listrik ini membuat para siswa kesulitan untuk belajar. Setiap hari mereka hanya memanfaatkan lampu teplok sebagai penerangan untuk mengerjakan PR dari sekolah. “Terpaksa, memang tidak ada listrik mau bagaimana lagi,” ujarnya.

Ditambahkan, pihaknya sudah seringkali mengajukan ke PT PLN Bawean melalui Kepala Desa Balikterus. Tapi sampai sekarang belum ada realisasinya. Termasuk tiang jaringan sampai sekarang belum terpasang. “Ada 98 rumah calon pelanggan PLN di dusun Sungaiterus Laok,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Rayon PT PLN Bawean Djoni Aswinarno mengatakan sampai saat ini masih belum ada tambahan untuk pemasangan listrik baru di Pulau Bawean. Alasannya sumber pembangkit masih belum mampu melayani pelanggan baru.

“Permohonan pemasangan listrik pelanggan baru sudah diajukan sebanyak 5 desa di Pulau Bawean. Semuanya tergantung keputusan atasan untuk melayani pemasangan baru,” pungkasnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean