Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Jadikan Dhurung Elmo Taman Baca

Jadikan Dhurung Elmo Taman Baca

Posted by Media Bawean on Sabtu, 21 November 2015



Masyarakat Pulau Bawean mulai tertarik untuk membenahi sistem pendidikan yang ada disana. Salah satunya, dengan menjadikan dhurung elmo (tempat istirahat. Red) yang ada di depan rumah warga sebagai taman baca. Selain itu, masyarakat Bawean juga mendapatkan bantuan pendidikan dari persatuan warga Bawean Qatar.

Tokoh Pendidikan Bawean Ali Asyhar mengatakan dhurung elmo merupakan tempat beristirahat warga di Pulau Bawean. Letaknya ada di depan rumah dan hampir di setiap kampung ada dhurung.

“Daripada dibuat ngerumpi, akhirnya jadikan taman baca untuk warga sama anak-anak Indonesia Mengajar,” ujarnya.

Dikatakan, selain dhurung elmo, Persatuan Bawean Qatar siap untuk memberikan biaya pendidikan kepada masyarakat. Dengan adanya dua program ini diharapkan pendidikan masyarakat Bawean bisa lebih maju lagi. “Paling tidak, warga tergugah untuk menjadikan pendidikan sebagai kebutuhan utama,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabu- paten Gresik mengaku siap untuk membantu masyarakat Bawean meneruskan program yang dilakukan anak-anak Indonesia Mengajar. “Di antaranya pemanfaatan dhurung elmo dan biaya pendidikan gratis untuk masyarakat,” jelasnya.

Ditambahkan, memanfaatkan budaya sebagai media pembelajaran memang bisa membuat perubahan cukup besar. “Kalau setiap rumah ada dhurung elmonya maka setiap rumah punya taman baca,” imbuh dia. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean