Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Pentingnya Penggunaan Bahasa Bawean Sebagai Identitas

Pentingnya Penggunaan Bahasa Bawean Sebagai Identitas

Posted by Media Bawean on Selasa, 01 Desember 2015



Bahasa daerah menjadi salah satu identitas bagi masyarakat daerah tersebut. Seperti bahasa asli Bawean yang menunjukkan penggunanya merupakan warga Bawean.  “Kenyataannya sekarang bahasa Bawean mulai ditinggalkan, sehingga perlu dilakukan langkah untuk melestarikannya,” kata Tim peneliti bahasa Bawean, Dr Sri Wiryani Budi Utami dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Air Langga Surabaya, Senin (30/11). 

Wiryani yang didampingi Rindu Parulian Simanjuntak dan peneliti bahasa dari Amerika Serikat Luke Samoff dari Amerika Serikat mengatakan anak-anak Bawean sudah tidak menggunakan bahasa Bawean halus atau sudah mulai bergeser penggunaannya bahasa Indonesia.

Rindu menjelaskan berdasar hasil penelitian sebanyak 4 desa di Pulau Bawean, yaitu desa Daun, desa Balikterus, desa Paromaan, dan desa Gunungteguh, penggunaan bahasa asli Pulau Bawean sudah bergeser. “Seperti anak-anak sudah dominan menggunakan bahasa level 2 ataupun ditemukan penggunaan bahasa Bawean yang cenderung kasar, dan juga sebagian berbahasa Indonesia,”katanya.

Lebih lanjut Rindu mengajak kepada masyarakat Pulau Bawean untuk mempertahankan bahasa asli agar tetap dipertahankan dan dilestarikan. “Untuk melestarikannya bisa dengan menggelar lomba cerita Bawean, lomba menulis lirik lagu Bawean ataupun lomba pidato berbahasa Bawean,”ujarnya.

Mereka menjelaskan kedatangannya ke Pulau Bawean untuk menunjukkan kepada masyarakat perlunya melestarikan bahasa sebagai identitas masyarakat Pulau Bawean sendiri. Selanjutnya akan dilakukan tahapan penelitian yang lebih lanjut untuk merevitalisasi bahasa Bawean yang kuat dimana saja mereka berada. “Sehubungan merantau sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Pulau Bawean,”pungkasnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean