Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Tradisi Pergi ke Pantai Rayakan Mauludan

Tradisi Pergi ke Pantai Rayakan Mauludan

Posted by Media Bawean on Sabtu, 26 Desember 2015




Warga Desa Daun Sangkapura mempunyai tradisi turun temurun dari nenek moyang sampai sekarang masih eksis. Usai merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW di kampungnya, mereka kemudian melanjutkannya dengan pergi ke pantai. Tujuannya menikmati makan bersama seluruh keluarganya, serta mandi di pinggir pantai.

Tradisi tahunan ini diminati seluruh warga Daun, termasuk warga dari berbagai daerah di Pulau Bawean yang berdatangan ke pantai. Durratul Mufidah asal Desa Daun yang menetap di Jakarta mengatakan, pulang kampung hanya ingin merayakan peringatan maulid Nabi, termasuk mengikuti tradisi pergi ke pantai bersama seluruh keluarga.

Menurutnya makan di pantai terasa lebih enak, walaupun beralaskan daun ternyata makanannya terasa lebih enak. “Setelah makan selesai dilanjutkan mandi di pantai sampai puas,”paparnya.

Dikatakan, sangat mengasyikkan sekali menurut Durrah, berkumpul bersama keluarga juga bertemu warga sekampung di pinggir pantai.

Zubdaturrif’ah warga Daun Timur menyatakan pergi ke pantai merupakan tradisi dari nenek moyang sampai sekarang masih eksis, bertambah meriah. Digemari banyak warga sehubungan acara bersama keluarga juga silaturrahmi antar sesama warga di kampung. “Selain itu anak muda juga banyak menyukainya,”ujarnya.

Sahidan tokoh pemuda membenarkan tradisi pergi ke pantai ternyata banyak digemari warga. “Acaranya makan bersama keluarga, dilanjutkan mandi air laut,” tuturnya.

Menurutnya, tradisi pergi ke pantai banyak diminati warga, buktinya tiga pantai dipenuhi banyak orang yang berkunjung.(bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean