Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Hindari Calo Tiket, Pelabuhan Bawean Periksa Identitas

Hindari Calo Tiket, Pelabuhan Bawean Periksa Identitas

Posted by Media Bawean on Senin, 04 Januari 2016




Maraknya aksi percaloan tiket membuat manajemen Pelabuhan Bawean memperketat jalur masuk menuju kapal. Peraturan yang baru, nama pada tiket penumpang harus sesuai dengan nama yang ada di kartu identitas. Jika tidak sama, maka penumpang bakal ditolak masuk ke dalam kapal dan diminta memperbaiki di agen penjualan tiket.

Kepala Cabang PT Pelayaran SIM Bawean Fahrur Razi mengatakan calon penumpang diwajibkan untuk menunjukkan identitas ketika membeli tiket. “Tujuannya agar nama tercantum di tiket sesuai identitas penumpang,”katanya.

Dikatakan, aturan ini sebenarnya sudah diberlakukan di Pelabuhan Gresik. Sehingga, Pelabuhan Bawean diminta juga memberlakukan peraturan yang sama. “Kami hanya menjalankan perintah sesuai dengan aturan yang ada di Pelabuhan Gresik,” imbuh dia.

Sementara itu, Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Bawean Rudi Susanto membenarkan adanya pemberlakuan peraturan nama tiket sesuai identitas diri calon penumpang. “Jika tidak sesuai, maka petugas akan melarang masuk Pelabuhan,”katanya.

Menurut dia, peraturan ini diberlakukan untuk penertiban administrasi penumpang. “Agar data manifes penumpang sama dengan identitas, maka petugas melakukan pemeriksaan di pintu masuk dengan mencocokkan nama tiket dengan identitas diri,”terangnya.

Selain itu, penertiban nama sesuai identitas untuk menghindari praktek calo yang seringkali meresahkan calon penumpang kapal. Melalui penertiban ini diharapkan membuat nyaman kepada seluruh pengguna pelayanan di Pelabuhan Pulau Bawean. “Silahkan perbaiki dulu nama sesuaikan identitas diri,”kata petugas sambil mengembalikan tiket dan identitas kepada calon penumpang yang ditolak masuk. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean