Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Yuk Gresik Menyukai Buah Merah Bawean

Yuk Gresik Menyukai Buah Merah Bawean

Posted by Media Bawean on Selasa, 10 Mei 2016



Yuk Gresik tahun 2015 ternyata suka makan buah merah.

Keistimewaannya, pohon buah merah hanya tumbuh dan berbuah di Pulau Bawean. Hanya saja buah ini belum dijual ke pasaran, sehingga warga Pulau Bawean merasa engan untuk merawat atau menanamnya.

Basofi Sudirman sebagai mantan Gubernur Jawa Timur ketika kunjungan kerja ke Pulau Bawean merasa tertarik untuk menikmati rasa buah merah. Setelah merasakan kenikmatan dan kelezatannya, beliau spontanitas memberikan nama buah merah menjadi buah surga asal Pulau Bawean.

Lailatul Mukkarromah, Kepala UPT Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Bawean mengatakan buah merah termasuk salah satu buah-buahan yang hanya tumbuh di Pulau Bawean. “Di daerah lain tidak ada, hanya di Pulau Bawean saja yang tumbuh subur,”katanya.

Kepala UPT Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Bawean yang akrab dipanggil Irma menyatakan optimis buah merah akan punya nilai jual kepada wisawatan yang berkunjung ke Pulau Bawean. “Nantinya buah merah menjadi buah-buahan terfavorit dari Bawean,”tuturnya.

Apalagi buah merah memiliki rasa berbeda daripada buah-buahan lainnya.

Untuk melestarikan buah merah di Pulau Bawean, UPT Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Bawean sudah melakukan pembibitan.

Perlu diketahui, musim buah merah di Pulau Bawean mulai bulan april sampai bulan agustus. Ciri-ciri buahnya ada semacam duri-duri kecil Jenisnya ada dua macam, yaitu buah merah dengan warna merah dan buah merah mantega berwarna putih. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean