Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Hari Bumi Dirayakan di Taman Mangrove Hijau Daun

Hari Bumi Dirayakan di Taman Mangrove Hijau Daun

Posted by Media Bawean on Senin, 30 April 2018




Tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi Dunia di setiap tahunnya. Dalam rangka memeriahkan Hari Bumi ini, PT PJB UP Gresik mengadakan serangkaian kegiatan yang ditujukan untuk masyarakat Bawean melalui program bidang CSR dan Lingkungan mulai tanggal 23-25 April 2018.

Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama antara PT PJB UP Gresik, Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Hijau Daun, dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur.

Rangkaian kegiatan dimulai pada hari Senin (23/4) dengan pelatihan pemberdayaan masyarakat berupa Pelatihan Budidaya Kepiting Bakau, Pelatihan Budidaya Ikan Kerapu, serta Pelatihan dan Praktek Pengolahan Ikan yang semua narasumbernya merupakan expert dari DKP Provinsi Jawa Timur. Pelatihan ini ditujukan agar masyarakat Bawean khususnya Desa Daun dapat meningkatkan kesadarannya akan potensi kelautan dan perikanan di sekitarnya yang melimpah sehingga perlu dikembangkan secara maksimal.

Kemudian kegiatan dilanjutkan di hari Selasa dengan penanaman 10.000 mangrove, transplantasi terumbu karang dan peletakan 25 rumah ikan dan jangkar apung 10 titik di perairan Desa Daun.

Ompang Reski Hasibuan, GM PT PJB UP Gresik hadir dan memberikan sambutannya dalam acara hari ini. Dalam sambutannya beliau menyampaikan, adanya 3 unit PLTMG di Bawean yang berkapasitas masing-masing 1 MW merupakan bentuk kepedulian PJB dalam upaya menerangi nusantara.

Selain itu melalui program pemberdayaan masyarakat (CSR), Perusahaan mendorong masyarakat agar mampu meningkatkan taraf kehidupannya dengan memanfaatkan segala potensi yang ada tanpa lupa untuk melestarikannya agar bisa dinikmati oleh anak cucu kita, dimana dalam hal ini kegiatan pelestarian diakomodir oleh program lingkungan dalam keanekaragaman hayati.

Rangkaian kegiatan Hari Bumi yang digelar PT PJB UP Gresik tidak berhenti sampai disitu. Pada hari ini, dilaksanakan pelatihan pengolahan sampah terpadu di Balai Desa Daun, tujuannya agar masyarakat dapat mengolah sampah secara mandiri dan terpadu yang akan menjadi solusi bagi permasalahan sampah di Desa Daun khususnya, dan Bawean pada umumnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean