Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » , » Tungkal Samudra Kembali Dilirik

Tungkal Samudra Kembali Dilirik

Posted by Media Bawean on Selasa, 22 Januari 2013

Media Bawean, 22 Januari 2013

Kendati sempat dicap tak memiliki kelengkapan izin dan kelayakan berlayar, KM Tungkal Samudra kembali dilirik Pemkab Gresik. Upaya ini dilatarbelakangi ketidakmampuan managemen KM Expres Bahari menyediakan kapal alternatif saat gelombang laut tinggi.

Bahkan proses kerjasama telah masuk dalam tahapan penjajakan kerja sama (MoU) dengan pihak pelayaran Kapal Tungkal Samudra 01. Beberapa stakeholder diundang berasal dari Adpel Gresik, Pelindo III Cabang Gresik, Dinas Perhubungan, Pimpinan BUMD PT Gresik Samudra serta pemilik Kapal Tungkal Samudra 01 dan Sekkab Ir. Moh Najib di ruang Bupati Gresik, Senin (21/1).

“Kita berharap pertemuan ini bisa menjadi solusi yang baik terkait dengan transportasi laut Gresik – Bawean,” ujar Sekkab Moh Najib.

Diakuinya, transportasi jalur laut Gresik – Bawean hanya di layari satu kapal saja yaitu KM Express Bahari 01. Namun, ketika ombak setinggi antara 2 – 3 meter kapal tersebut tidak bisa berlayar. Bahkan, pihak Express Bahari juga tidak bisa memberikan solusi, sehingga terjadi penumpukan penumpang.

”Dengan hadirnya KM Tungkal Samudra 01 nanti, tentu akan menjadi alternatif pilihan warga. Sekaligus bisa menyelesaikan persoalan penyeberangan Gresik – Bawean,”ujarnya.

Sebenarnya, KM Tungkal Samudra 01 pernah beroperasi melayani Gresik-Bawean. Bahkan, pelepasan pelayaran perdana dilakukan Bupati Sambari Halim Radianto. Celakanya, KM Tungkal Samudera 01 tak memenuhi segala perijinan maupun kesepakatan dengan Pemkab Gresik. Bahkan, tak berlayar tanpa alasan yang jelas.

Akhirnya, EB 01 kembali datang ke Gresik dan melayani jalur Gresik-Bawean. Lucunya, KM Tungkap Samudera 01 mendadak muncul dan minta jatah jadwal pelayaran. Namun, Pemkab Gresik tak bergeming sehingga Tungkal Samudera 01 menuding Pemkab Gresik melakukan monopoli perijinan. (rtn/ris)

Sumber : Radar Gresik

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean