Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Madu Klanceng Khas Pulau Bawean

Madu Klanceng Khas Pulau Bawean

Posted by Media Bawean on Kamis, 10 September 2015

Media Bawean, 10 September 2015



Potensi Sumber Daya Alam (SDA) Pulau Bawean tidak perlu dipertanyakan lagi. Selain memiliki sumber daya laut yang cukup besar, Pulau Bawean juga memiliki hasil hutan. Salah satunya, madu klanceng. Berbeda dengan madu tawon, madu klanceng tidak terlalu manis. Meski begitu, madu ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. “Katanya bisa menambah vitalitas bagi pria, sehingga banyak yang mencari madu ini,” ujar Alman, 35, salah satu pencari madu klanceng, kemarin.

Dikatakan, hewan klanceng memang mirip dengan tawon. Namun, klanceng tidak menggigit seperti tawon, sehingga mudah mengambil madunya. “Sarang klanceng sangat banyak ditemukan di dalam hutan Pulau Bawean, apalagi saat musim bunga tiba seperti saat ini,” ungkap dia.

Menurut dia, setiap hari ia mampu mendapatkan Rp 500 ribu dari hasil penjualan madu klanceng. Selain melayani pembeli dari Bawean sendiri, banyak warga yang mendapatkan pesanan dari luar negeri. “Biasanya banyak keluarga di Malaysia dan Singapura memesan madu ini untuk mengobati penyakit,”terangnya.

Ia menambahkan, harga madu klanceng juga lebih murah dibandingkan dengan madu tawon yang jumlahnya semakin sedikit. Untuk satu botol madu klanceng ia jual dengan harga Rp 250 ribu.“Sedangkan madu tawon harganya bisa mencapai Rp 500 ribu per botol tergantung tingkat keasliannya,” pungkas dia.

Sementara itu, Yusuf Ketua Karang Taruna Kecamatan Sangkapura mangatakan madu klanceng memiliki khasiat untuk mengobati penyakit. Salah satunya juga untuk menambah keharmonisan di dalam rumah tangga. “Wajar saja bila banyak peminatnya sehubungan khasiatnya sangat besar,” tuturnya. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean