Peristiwa    Politik    Sosial    Budaya    Seni    Bahasa    Olahraga    Ekonomi    Pariwisata    Kuliner    Pilkada   
adsbybawean
Home » » Potensi Mangga Bawean Terabaikan

Potensi Mangga Bawean Terabaikan

Posted by Media Bawean on Rabu, 16 Desember 2015


Saat ini di Pulau Bawean memasuki musim Mangga. Tidak adanya sistem pemasaran yang baik dan pengolahan produk turunan, membuat buah mangga berlebih di pasaran. Akhirnya harganya anjlok dan tak menguntungkan.

Siti Alawiyah penjual mangga di Pasar Kebuntelukdalam mengaku capek membawa buah mangga ke pasar. Karena tidak laku.

Hal senada disampaikan Latifah penjual mangga di pasar Sangkapura menyatakan harga Mangga sangat murah, itupun belum tentu laku dijualnya. “Daripada menjual mangga ternyata belum tentu laku terjual, lebih baik menjual hasil pertanian lainnya,”paparnya.

Kepala UPT Pertanian Bawean Lailatul Mukarromah membenarkan musim buah mangga ternyata tidak membawa banyak keberuntungan kepada warga. Karena warga kesulitan untuk penjualannya. “Pembelinya terbatas, apalagi hampir disetiap halaman rumah warga mempunyai pohon mangga sendiri,”katanya.

Menurutnya perlu ada solusi agar buah mangga yang ada di Pulau Bawean bisa dipasarkan ke luar, seperti pemasaran ke Pulau Jawa. “Persoalannya orang Bawean tidak mau repot ataupun tidak mau menanggung resiko sebab membawa ke luar membutuhkan biaya transportasi,” jelasnya.

Sebenarnya sudah ada pembeli dari Pulau Jawa yang berdatangan ke Bawean dengan naik kapal Gili Iyang membawa mobil sendiri. Tapi ini belum bisa mengatasi persoalan lonjakan musim buah di Pulau Bawean. “Pembeli dari Jawa biasanya membeli buah mangga dalam satu pohon, itupun harganya sangat murah,”tuturnya.

Kepala UPT Pertanian Bawean yang akrab dipanggil Irma membandingkan buah mangga Bawean dijamin memiliki rasa yang lebih enak dan lezat, alasannya buahnya masak dipohonnya. Sedangkan buah mangga yang dipasarkan di Pulau Jawa umumnya melalui proses masak karbitan. (bst)

SHARE :
 
Copyright © 2015 Media Bawean. All Rights Reserved. Powered by INFO Bawean